Tuesday, July 21, 2009

Konsep Sederhana Bisnis Penerbit Iklan

Perkembangan internet telah mampu mengubah pola bekerja yang tadinya hanya bisa dikerjakan secara offline dengan berangkat ke suatu kantor, sekarang perlahan hal ini mulai ditinggalkan. Kecepatan akses internet yang semakin cepat membuat proses transfer data semakin singkat, pekerjaan lebih cepat dan dengan hasil lebih baik pula.
Internet membuat pekerjaan semakin efektif dan efisien baik dilihat dari segi waktu maupun dari segi finansial. Hal inilah yang membuat pola berfikir manusia lebih sederhana dalam melakukan bisnis. Jika dalam beberapa dekade kebelakang para pekerja berangkat ke dan pulang dari kantor harus tepat waktu, memakai seragam, dan lain sebagainya peraturan terbentuk hal ini mulai ditinggalkan. Seorang jurnalis tidak harus mondar-mandir dari tempat kejadian ke kantornya hanya untuk menyerahkan hasil pekerjaannya, berapa waktu dan biaya yang diperlukan?
Blog sebagai hasil perkembangan teknologi informasi pun mengalami pergeseran fungsi yang tadinya hanya sekedar untuk menampung artikel pribadi kini mampu menjadi suatu kantor pengganti (virtual office) yang bisa menghasilkan ribuan bahkan jutaan uang, dan bagi sebagian orang sudah menjadi mata pencaharian. Silahkan baca kembali artikel "Memulai Bisnis Internet dengan Blog" untuk bisa memahami langkah awal untuk memulai blog. Pemahaman tentang berbagai jenis bisnis diinternet pun sangat membantu langkah yang harus diambil bagi para pemula dalam memulai bisnis di internet.
Konsep Sederhana Bisnis Penerbit Iklan
Konsep sederhana bisnis ads publisher (penerbitan iklan) seperti dijelaskan dibawah ini dan perhatikan ilustrasi gambar diatas.
Ada tiga bagian dari bisnis ads publisher :

1. Pengiklan (Advertiser)
Pengiklan merupakan salah satu bagian dari rangkaian sistem bisnis ads publisher, yang terdiri dari perusahaan-perusahaan yang membutuhkan jasa periklanan agar produk mereka dikenal konsumen.

2. Ads Publisher (penerbit iklan)
Penerbit iklan bertugas menyampaikan informasi kepada konsumen tentang suatu produk. Bagian ini terdiri dari tiga komponen, yaitu :
  • Agen Iklan (Ads Agency) : ini merupakan perusahaan yang mengumpulkan informasi tentang produk perusahaan-perusahaan yang membutuhkan jasa periklanan.
  • Internet : adalah media yang merupakan sarana dalam proses periklanan untuk bisa menghubungkan antara perusahaan dengan perantara agen iklan ke konsumen.
  • Blog : disinilah posisi para blogger yang bertugas sebagai trigger (pemicu) dalam memberikan gambaran suatu produk, tapi bukan sebagai penyedia informasi produk. Blog berada dalam lingkup internet yang tugasnya memberikan informasi-informasi tertentu sesuai karakter blogger-nya yang diharapkan informasi yang dibuat oleh para blogger dapat memancing informasi suatu produk ditampilkan. Agen iklan adalah pemilik informasi perusahaan-perusahan yang memasang iklan dan blogger adalah penyedia tempat untuk para agen untuk dapat memberikan informasi tentang suatu produk kepada konsumen. Blogger akan menerima bayaran sebagai pengganti sewa tempat di blognya dan sesuai kesepakatan antara pemilik blog dan agen iklan.

3. Konsumen
Inilah target pasar yang menjadi sasaran perusahaan pengiklan, diharapkan antara konsumen dan pihak perusahaan pengiklan akan terjadi transaksi sebagai akibat dari informasi yang dicitrakan oleh agen yang diperoleh pada suatu blog di internet.
Demikian gambaran sederhana mengenai bisnis di internet dengan blog, dengan harapan dapat membuka wawasan untuk lebih memahami teknik-teknik berbisnis di internet. Happy blogging... :-)